LIBURAN GRATIS KE JEPANG

HIS Amazing Sakura - Blogger Competition

Rabu, 05 Oktober 2016

Lintas Budaya, kesadaran budaya dan geografi budaya

1.    Culture Awareness (Kesadaran Budaya)

Kesadaran budaya (Cultural awareness) adalah kemampuan seseorang untuk melihat ke luar dirinyasendiri dan menyadari akan nilai-nilai budaya, kebiasaan budaya yang masuk.Selanjutnya, seseorang dapat menilai apakah hal tersebut normal dan dapat diterima pada budayanya atau mungkin tidak lazim atau tidak dapat diterima di budaya lain.Oleh karena itu perlu untuk memahami budaya yang berbeda dari dirinya dan menyadari kepercayaannya  dan adat istiadatnya dan mampu untuk menghormatinya.(Vacc et al, 2003).

Wunderle (2006) menyebutkan bahwa kesadaran budaya (cultural awareness) sebagai suatu kemampuan mengakui dan memahami pengaruh budaya terhadap nilai-nilai dan perilaku manusia.  Implikasi dari kesadaran budaya terhadap pemahaman kebutuhan untuk  mempertimbangkan budaya, faktor-faktor penting dalam menghadapi situasi tertentu. Pada tingkat yang dasar, kesadaran budaya merupakan informasi, memberikan makna tentang kemanusian untuk mengetahui tentang budaya.Prinsip dari tugas untuk mendapatkan pemahaman tentang kesadaran budaya adalah mengumpulkan informasi tentang budaya dan mentranformasikannya melalui penambahan dalam memberikan makna secara progresif sebagai suatu pemahaman terhadap budaya.

Pantry (dalam Sturges, 2005) mengidentifikasikan 4 kompetensi yang dapat terhindari dari prejudis, miskonsepsi dan ketidakmampuan dalam menghadapi kondisi masyarakat  majemuk yaitu: Kemampuan berkomunikasi (mendengarkan,menyimpulkan, berinteraksi),
·         Kemampuan proses (negosiasi, lobi, mediasi, fasilitasi),
·         Kemampuan menjaga informasi (penelitian, menulis, multimedia),
·         Kemampuanmemiliki kesadaran dalam informasi,
·         cara mengakses informasi, dan menggunakan informasi.
  Keempat kompetensi tersebut memberikan peran penting dalam menghadapi masyarakat yang multikultural dalam kesadaran budaya.

2.    Cultural Geography
Cultural Geography atau Geografi budaya yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupanya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita amati . Geografi budaya dipelajari karena adanya masalah budaya, khususnya hubungan antara pertumbuhan penduduk, konsumsi sumberdaya, dan peningkatan intensitas masalah akibat ekploitasi sumberdaya yang berlebihan.dengan kata lain bahwa geografi budaya dapat memberikan kombinasi yang kuat perangkat konseptual untuk memahami masalah budaya yang kompleks.
Berikut ini adalah pengertian geografi budaya menurut para ahli.
Menurut Carl Sauer ,
 Geografi Budaya adalah Ilmu pengetahuan yang menelaah sekitar tingkah laku manusia yang ditimbulkan karena adanya usaha adaptasi dan pemanfaatan lingkungan alam oleh manusia dalam usaha mempertahankan hidup.
Menurut beberapa ahli geografi, Geografi Budaya adalah merupakan rumpun geografi yang lebih dekat kaitanya dengan kajian geografi manusia.
Menurut Ekblaw dan Mulkerne ,
Geografi Budaya adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari pandangan hidup kita, seperti makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni, tempat rekreasi yang kita nikmati.
            Jadi bisa kita simpulkan bahwa geografi budaya adalah rumpun ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi serta kehidupannya, yang meliputi geografi penduduk serta aktivitas sosial dalam masyarakat.

3.    Kaitan Antara Cultural Awareness & Cultural Geography Terhadap pariwisata
Berdasarkan hal di atas,  pentingnya nilai-nilai yang menjadi faktor penting dalam kehidupan manusia akan turut mempengaruhi kesadaran budaya (terhadapnilai-nilai yang dianut) seseorang dan memaknainya.  Penting  bagi kita  untukmemiliki kesadaran budaya (cultural  awareness)  agar  dapat memiliki kemampuan untuk memahami budaya dan faktor-faktor penting yang dapat mengembangkan nilai-nilai budaya sehingga dapat terbentuk karakter bangsa, sehingga karakter bangsa yang buruk tidak akan memperngaruhi kegiatan pariwisata di indonesia, dan agar para wisatawan suatu tempat wisata menjadi lebih nyaman karena tingkat kesadaran budaya nya yang tinggi.
Pariwisata sangat erat kaitannya baik dengan budaya, dan sebagai masyarakat yang baik tentu saja kita perlu memahami dengan betul apa itu cultural awareness & cultural geography. Karena bila kita tidak memiliki kesadaran budaya serta tidak mengetahui tentang geografi budaya kita, maka lambat laun budaya kita akan punah, tetapi bila masyarakat menyadari betul tentang pentingnya cultural awareness & cultural geography akan sangat memungkinkan bila budaya kita akan semakin berkembang dan terkenal hingga ke dunia internasional.

Sumber Pustaka

https://1janumuhammad.wordpress.com/2012/12/30/pengertian-geografi-budaya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar